Sabtu, 07 November 2009

buat belajar bahasa inggris jadi menyenangkan

Kita sadar, bahwa mempelajari bahasa inggris dengan menghapal rumus-rumus grammar, Menghapal vocabulary, Menghapal kamus (apa bisa, gitu...?), adalah cara belajar paling nge-bete-in yang pernah ada dalam dunia pendidikan kita (lebay...). Oke, kembali serius. Jadi pada dasarnya, seperti itu kan? Sudah, akui saja. Nah, sekarang, berdasarkan perngalaman yang saya miliki, Ada beberapa cara yang paling ampuh untuk mempelajari bahasa inggris dengan fun dan tidak njelimet, dan tentunya, tidak ngebetein. mau tahu aaapa saja itu?

Belajar bahasa inggris dari mendengarkan lagu

Jujur, kita semua senang mendengarkan musik kan? Hampir sebagian besar dari manusia senang untuk mendengarkan musik.maka tidak heran, bila musik dijuluki sebagai bahasa universal, karena hampir tak ada manusia yang tidak bisa dipersatukan dengan musik. Nah, mengapa kita tidak memanfaaatkan kesenangan kita itu untuk kepentingan yang lebih bermanfaat? Contohnya, bila kita senang mendengarkan lagu dari luar negeri sana (yang berbahasa inggris, tentunya), maka gunakanlah hal itu untuk menambah kelancaran kita dalam listening. Kita bisa mendengarkan lagu itu, lalu menangkap liriknya. Untuk awal-awal, boleh lah, melihat teks terlebih dahulu. Kita bisa belajar mengartikan apa yang menjadi maksud dari lagu tersebut. Maka tanpa sadar, kita telah mempelajari pola-pola kalimat dalam bahasa inggris kan? Jauh lebih menyenangkan daripada bila kita harus menghapal rumus-rumus grammar yang njelimet itu. Lalu bila kita sudah agak mahir, kita bisa mendengarkan lagu tersebut tanpa melihat teks liriknya. Dengan begitu, telinga kita akan terbiasa untuk listening (bahasa singkatnya begitu lah).

Belajar bahasa inggris dari menonton film

Ini salah satu yang paling menyenangkan. Menonton film. Kita semua hobi pergi ke bioskop, bukan? Atau paling tidak, kita semua senang membeli (atau menyewa... apa saja deh) DVD film (yang original atau yang bajakan? Hehehe...) jadi,gunakanlah kesenangan kita itu agar bahasa inggris kita bisa meningkat. Caranya? Tonton saja film berbahasa inggris, tapi jangan menggunakan subtittle indonesia (tentu saja, ini hanya bisa digunakan bila kita menonton film dari DVD). Dengarkan baik-baik apa yang tokoh dalam film tersebut katakan. Lalu jangan lupa, perhatikan bagaimana cara mereka mengucapkan tiap kata. Maka kita akan belajar pronunciation, bukan? (ada yang tidak mengerti pronunciation? Oke, bukan bermaksud merendahkan yang telah mengeri, tapi, arti dari kata itu adalah cara pengucapan dalam bahasa inggris. Got it?)

Belajar bahasa inggris dari bermain game.

Jujur, siapa sih dari kita yang tidak senang bermain game? Saya yakin jawabannya hampir tidak ada. Kalau kita jeli ,dari hobi kita itu , bisa memberi mahfaat yang jauh lebih besar daripada Cuma sekedar having fun. Tentu saja, hampir sebagian besar game yang beredar di indonesia menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantarnya. Jadi, sekalian main game, kita jugia bisa memanfaatkan hal ini untuk memperlancar bahasa inggris kita. Iya, kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar